Saturday, October 25, 2008

14 Juta Pengidap Kencing Manis Di Indonesia

Penderita Diabetes di Indonesia 14 Juta


BOGOR - Jumlah penderita diabetes di Indonesia hingga kini mencapai 14 juta orang.
Rata-rata 50% dari jumlah pasien diabetes baru menyadari mereka menderita sakit gula setelah memeriksa dokter. Selain itu, hanya 30% saja pasien diabetes yang berobat secara teratur.
Kesimpulan tersebut diungkapkan oleh dr Ahani, pengurus Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Pengurus Besar Persatuan Diabetes Indonesia (PB Persadia) cabang Bogor dalam acara Global Diabetes Walk, yang berlangsung di Kebun Raya Bogor, Selasa (14/11).
Global Diabetes Walk merupakan acara jalan bersama penderita diabetes untuk memperingati Hari Diabetes Dunia, yang diperingati setiap tanggal 15 November. Untuk kali ini, peringatan dilakukan di Kebun Raya Bogor, diikuti 300 pengidap diabetes. Mereka melakukan jalan bersama sambil mengampanyekan kepada masyarakat supaya peduli terhadap diabetes.
Ahani menjelaskan setiap orang berpeluang terkena diabetes. "Penyebab diabetes karena kegemukan, keturunan dan gabungan keduanya. Bila tidak dikontrol, diabetes bisa menyebabkan kebutaan, kaki harus diamputasi dan meninggal dunia. Di Indonesia, faktor terbesar penyebab diabetes adalah kegemukan. (Media Indonesia, 15/11/06)

No comments: