Saturday, October 25, 2008

Berhati-Hati Minuman Isotonik

Inilah Minuman Isotonik yang BerbahayaHati-hati mengonsumsi minuman dalam kemasan. Terutama minuman berjenis isotonik. Zat pengawet yang ada dalam minuman kemasan itu sangat berbahaya. Salah satunya dapat menyebabkan penyakit sistemic lupus erythematous (SLE) yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
Komite Masyarakt Antibahan Pengawet (Kombet) merilis hasil risetnya terhadap 28 minuman dalam kemasan. Yang paling banyak diteliti adalah minuman isotonik. "Ternyata sebagian besar minuman dalam kemasan mengandung bahan pengawet yang membahayakan tubuh,"kata Ketua Kombet Nova Kurniawan saat konferensi pers di Hotel Sari Pan Pasific. Penelitian Kombet yang disupervisi Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Jakarta itu dilakukan di tiga laboratorium, yakni di Sucofindo Jakarta, M-Brio Bogor dan Bio- Formaka Bogor.
Ada dua zat pengawet yang dicari dalam minuman kemasan yakni natrium benzoate dan kalium sorbet. Riset tersebut dilakukan 17 Oktober hingga 3 November 2006. Hasilnya, minuman dalam kemasan diklarifikasi dalam empat kategori. Kategoti pertama adalah produk yang tidak ditemukan bahan pengawet natrium benzoate dan kalium sorbat. Yakni, Pocari Sweat, Vita- Zone, NU Apple EC, Jus AFI dan Sportion. Kategori kedua, produk yang memankai pengawet natrium benzoat dan mencantumkannya di label kemasan. (Indo Pos, 15/11/06) Petikan dari beritaindonesia.co.id

No comments: